PEMUDA DESA

Monday, February 20, 2017

Kecamatan Kabandungan

KECAMATAN KABANDUNGAN
.
Adalah sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten sukabumi Kabandungan Sebelumnya masih di bawah pemerintahan Kecamatan Kalapanunggal, Namun Pada Tahun 1994 Akhirnya Kabandungan memisahkan diri karena penduduknya yang makin banyak serta wilayahnya yang cukup luas.

SISTEM PEMERINTAHAN

Kabandungan memiliki 6 wilayah Kelurahan diantaranya Kelurahan Kabandungan, Tugubandung, Mekarjaya, Cihamerang, Cipeuteuy, dan Cianaga. Tiap tiap kelurahan kemudian di bagi menjadi 5 Kemandoran dan tiap tiap kemandoran dibagi menjadi 5 RT. Adapun letak Kantor kecamatan Kabandungan sendiri terletak di Kp Tangkolo JL Tirta Atmaja KM I RT26/10 Desa Kabandungan

LETAK GEOGRAFIS

Kabandungan memiliki letak geografis 6047’.21.16’’S – 106037’12.94”T dengan ketinggian 789 diatas permukaan laut kecamatn kebandungan berbatasan dengan :

Utara = Leuwi liang ( Kabupaten Bogor )

Timur Laut = ( Cidahu )

Timur = Kalapanunggal & Parakan salak

Tenggara = Kalapanunggal, Cikidang

Selatan = Cikidang, Cikakak

Barat Daya = Cikakak, Cisolok

Barat = Cisolok

Barat Laut = Kabupaten Lebak ( Banten )

Kabandungan juga biasa di sebut sebagai ujung dari kabupaten sukabumi, karena letaknya yang beratasan dengan Kabupaten Bogor serta Propinsi Banten, selain itu kabandungan juga di apit oleh banyak gunung salah satunya yang terkenal gunung Salak yang menjadi Bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun salak ( TNGHS ), selain itu ada juga gunung Koromong, gunung bancet di sebelah Barat.

.

Gunung Wayang di sebelah timur, Gunung kendeng, Gunung Kasur Disebelah utara. curah hujan rata-rata 2.000 mm per tahun, namun di beberapa daerah pegunungan antara 3.000 sampai 5.000 mm per tahun.

Banyaknya gunung di sekitar kecamatan kabandungan, menjadikan kabandungan sebagai tempat yang udaranya bisa terbilang sejuk dan suhu terendah bisa mencapai 100c.Apabila pada Musim Kemarau. Selain gunung dikabandungan juga terdapat hulu sungai Citarik Yang mengalir ke samudera hindia melalui Pelabuhan Ratu adapun Hul sungai citarik sendiri terletak di kawasan TNGH ( Taman Nasional Gunung Halimun ) selain citarik ada juga seungai cipanas yang mempunyai hulu di sekitar kawasan Gunung salak , kedua sungai ini bertemu dan bermuara di desa tugubandung kemudian menjadi satu dan mengalir melalui Cikidang, di cikidang sendiri aliran sungai citarik dijadikan sebagai tempat untuk arum jeram.

.

KEBUDAYAAN & AGAMA

Kecamatan Kabandungan Mayoritas penduduknya adalah pemeluk agama islam meskipun di tiap – tiap daerah ada pemeluk non islam tapi warga kebandungan tetap bisa bersosialisasi dan menghargai perbedaan kepercayaan tersebut. Selain itu memliki beberapa unsure kebudayaan jaman dahulu yang masih banyak digunakan atau pun masih di lestarikan diantaranya

.

Upacara adat Kawinan. Agar tercapainya keselamatan dan kelancaran saat perkawinan biasanya sebelum ijab kqobul di mulai diadakan upacara ritual pernikahan dan ini masih melekat kuat di daerah kabandungan salah satu sanggar yang sering tampil adalah sunda suwarna dari dusun arendah desa cipeuteuy kecamatan kabandungan.

.

BAHASA

Orang kabandungan menggunakan Bahasa sunda sebagai bahasa keseharian mereka. Bahasa sunda juga di ajarkan lewat pelajaran muatan local di sekolah-sekolah yang ada di kecamatan kabandungan.

.

PENDIDIKAN

Pendidikan merupakan hal yang diutamakan di setiap daerah. Meskipun kabandungan terbilang daerah yang lumayan tertinggal perkembangan teknologinya .namun itu tidak membuat pertumbuhan pendidikanya juga tertinggal , hal itu bisa dilihat dengan banyaknya sekolah diantaranya

SEKOLAH DASAR

SDN TANGKOLO

SDN PAJAGAN

SDN KABANDUNGAN

SDN CIPANAS

SDN JAYANEGARA

SDN CIPEUTEUY

SDN NEGLASARI

SDN LEUWI WALUH

SDN PAMEUNGPEUK 1

SDN PAMEUNGPEUK 2

SDN CISALIMAR

SDN PASIRHAUR

SDN CIHAMERANG

SDN MEKARJAYA

SDN MEKARJAYA 2

SDN CISASAH

SDN KALADI 1

SDN KALADI 2

SDN CISASAH

SDN TIPAR

SDN CIANAGA

SDN CIKURUTUG

SMP SEDERAJAT

SMPN 1 KABANDUNGAN

SMPN 2 KABANDUNGAN

MTS AL-IKHLAS

PONPES TINGKAT SMP AL HUSNAYAIN

MTS AL-BARKAH 1

MTS AL-BARKAH 2

SMP ISLAM KABANDUNGAN

MTS LEUWIWALUH

MTS HALIMUN

SMP PGRI CIPEUTEUY

SMP PGRI CIAWITALI

SMA SEDERAJAT

SMAN 1 KABANDUNGAN

PONPES TINGKAT SMA AL HUSNAYAIN

SMK PUTRA KAANDUNGAN

SMK PERTANIAN AT-TIJAAN

No comments:

Post a Comment

Nu Ningali

YOU TUBE KABANDUNGAN INFO