PEMUDA DESA

Monday, May 15, 2017

VIRUS KOMPUTER RANSOMWARE WANNACRY

“BAHAYA VIRUS KOMPUTER RANSOMWARE WANNACRY”
.
Apa itu virus ransomware wannacry?
Tindakan apa yang harus di lakukan untuk virus jenis ini ?
yuk simak gan info nya..
.
RANSOMWARE WANNACRY merupakan salah satu program yang bisa mengunci data pada komputer yang terinfeksi. Virus ini lalu meminta pengguna membayar sejumlah uang Bitcoin virtual sebagai tebusan agar dokumen yang disandera atau dikunci bisa dibuka kembali.virus jenis ini merupakan salah satu yang tercanggih saat ini. Sebab, Ransomware WannaCry mampu menyebar pada suatu sistem komputer instansi dalam hitungan menit.

Saasara virus Wannacry ransomware mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi server message block (SMB).
Jika komputer kena serangan, virus mengunci computer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Kemudian muncul pesan meminta tebusan sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin.

TINDAKAN YANG HARUS DILAKUKAN :
ada beberapa cara untuk pencegahan terinfeksi malware wannacry yaitu:

1. Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct. Lihat: https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx

2. Jangan mengaktifkan fungsi macros

3. Non aktifkan fungsi SMB v1

4. Block 139/445 & 3389 Ports

5. Selalu backup file file penting di komputer Anda disimpan di tempat lain.

CATATAN :

Jika ada yang terinfeksi malware wannacry segerakan untuk memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi akan menghentikan penyebaran wannacry ke komputer lain yang vulnerable.

1 comment:

Nu Ningali

YOU TUBE KABANDUNGAN INFO